Apa Bedanya Probiotik dan Prebiotik



Hi Sobat VitaCov,

Sudah mengetahuikan didalam kandungan VitaCov mengandung Prebiotik. Tapi sebenernya apa sih itu Prebiotik dan Probiotik? Dan apa gunanya untuk kesehatan badan kita.

Untuk menjelaskan semua itu kita lihat cuplikan dari Acara Dr. Oz di Trans TV yang dijelaskan oleh Dr. Raisa Brotoasmoro.*
(* untuk disclaimer acara transtv dr oz dan dr raisa bukan dari kampanye Vitacov kami murni untuk mengedukasi pemakai VitaCov kebaikan Prebiotik didalam kandungannnya)

Berikut ini adalah cuplikan yang menjelaskan apa itu Prebiotik dan Probiotik




Seringkali kita bingung dengan dua istilah ini, prebiotik dan probiotik. Keduanya erat hubungannya dengan kesehatan pencernaan kita. Apa, sih, bedanya?

 

Prebiotik

Prebiotik ialah jenis serat yang tidak mudah dicerna, bermanfaat untuk yang merangsang pertumbuhan mikroorganisme baik dalam sistem pencernaan kita.

Prebiotik terdapat pada makanan yang mengandung prebiotik seperti bawang merah/putih, daun ubi, kacang-kacangan, gandum, barley, buah (pisang, nanas, rambutan dan semangka),dan sayuran.

Manfaat:
  • Mencegah konstipasi.
  • Menurunkan pH di usus sehingga pergerakan usus lancar dan terlindungi dari serangan bakteri patogenik.
  • Mengembalikan keseimbangan flora di usus setelah terjadi perubahan akibat mengonsumsi obat.

 

Probiotik

Merupakan mikroorganisme hidup atau bakteri baik yang ada di dalam usus, yang membantu menyeimbangkan flora di usus. Biasanya terdapat pada berbagai macam produk seperti susu fermentasi yang mengandung mikroba hidup yang menguntungkan bagi kesehatan, seperti Lactobacillus dan Bifidobacteria.

Manfaat:

  • Menjaga sistem pencernaan.
  • Membantu mengatasi penyakit gastroenteritis seperti diare.
  • Menstimulasi sistem imunitas dan mampu mengubah aktivitas metabolisme mikroba dalam saluran pencernaan.
  • Memperbaiki fungsi dari pertahanan usus.

Jadi probiotik adalah bakteri hidup, sedangkan prebiotik adalah ‘makanan bagi probiotik”, yang membantu pertumbuhan bakteri baik yang ada pada usus. Kerjasama keduanya memberikan manfaat kesehatan kepada tubuh manusia, terutama pencernaan kita.