Menjaga Kesehatan dengan berwudhu




Tidak hanya sebagai syarat sah sholat, wudhu juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Berwudhu dengan baik dan benar dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit. Pasalnya, membasuh anggota tubuh secara rutin ketika wudhu tubuh dapat menjaga kebersihan diri. 

Allah SWT pun sangat mencintai kebersihan. Bahkan, terdapat semboyan kebersihan merupakan sebagian dari iman. Artinya, ketika berwudhu, kita tidak hanya melakukan ibadah kepada Allah, tetapi juga sekaligus menjaga kesehatan. Berikut penjelasan tentang keajaiban wudhu untuk tubuh manusia: 
Menjaga Kesehatan Kulit

Di dalam buku Prayers, A Sport for The Body and Soul, Mokhtar Salem menyebut bahwa berwudhu yang baik dan benar bisa mencegah kanker kulit. Setiap hari orang bersentuhan dengan banyak elemen, termasuk bahan-bahan kimia. Dengan berwudhu, bahan kimia yang menempel di kulit akan larut.

Psikiater dan neurolog berkebangsaan Austria, Leopold Werner von Ehrenfels juga berargumen bahwa berwudhu dapat mencegah penyakit kulit. Salah satu penyebab penyakit kulit adalah kurangnya menjaga kebersihan kulit. Pusat-pusat saraf yang paling peka pada tubuh manusia berada di area dahi, tangan, dan kaki. Pusat-pusat saraf tersebut sangat sensitif terhadap air segar. Riset von Enrenfels menunjukkan bahwa membasuh air segar (wudhu) ke pusat saraf tersebut  dapat menjaga kesehatan pusat saraf.

Meningkatkan Konsentrasi
Banyak orang merasa segar setelah berwudhu. Para pakar saraf membuktikan bahwa air wudhu dapat mendinginkan ujung-ujung saraf jari-jari tangan dan jari-jari kaki. Ini berguna untuk membuat tubuh lebih rileks sehingga dapat meningkatkan konsentrasi pikiran.

Meremajakan Kulit
Air yang membasuh wajah ketika berwudhu dapat meremajakan sel-sel kulit wajah, serta membantu mencegah penuaan dini. Wudhu juga dapat merawat kulit dengan membersihkan debu-debu yang menempel pada kulit wajah.

Mencegah Jamur di Kaki
Saat digunakan untuk berjalan, kaki bersentuhan dengan berbagai macam kondisi permukaan. Ini membuat kaki rentan terinfeksi bakteri dan jamur. Dengan berwudhu, seseorang dapat membersihkan kotoran dan bau kaki yang bisa menimbulkan jamur. Bersihkan sela-sela kaki dengan bersih saat berwudhu.

Mencegah Berbagai Penyakit
Ketika berkumur saat wudhu, Anda membersihkan sela-sela gigi dari sisa makanan dan lendir. Ini langkah bagus untuk mencegah berbagai penyakit di rongga mulut.

Air wudhu juga menjaga bibir tetap terhidrasi sehingga tidak pecah-pecah. Selain itu, membersihkan lubang hidung juga akan mengurangi kotoran yang terhirup masuk, sementara gerakan membasuh muka, tangan, dan kaki bagus untuk menghilangkan debu dan mikroba yang tidak terlihat.