Memahami Pentingnya Prebiotik untuk Daya Tahan Tubuh Si Kecil

 


Sistem imunitas atau daya tahan tubuh si Kecil terus berkembang di masa awal hidupnya. Namun di saat yang sama, si Kecil juga rentan terhadap serangan bakteri maupun virus penyebab penyakit. Karena itu, Mama perlu memberikan si Kecil nutrisi yang tepat untuk mendukung perkembangan daya tahan tubuhnya, agar ia dapat terhindar dari beragam infeksi kuman.

Tahukah Mama

bahwa bakteri mikroskopis yang ada dalam perut si Kecil dapat memengaruhi sistem imun untuk melawan infeksi virus dan kuman penyebab demam?

  • Sebanyak 70%-80% sel imun tubuh berada dalam perut, bersamaan dengan 100 milyar bakteri lain yang juga tinggal di dalam perut. Bakteri-bakteri kecil yang disebut dengan “mikrobiome” ini memiliki peran penting untuk membantu sistem imun si Kecil dalam melawan virus penyebab penyakit.
  • Saat si Kecil masih bayi, proses menyusui akan menstimulasi produksi bakteri baik di perut si Kecil.

 

Manfaat Prebiotik untuk Daya Tahan Tubuh Si Kecil

ASI yang Mama berikan untuk si Kecil memiliki peran penting dalam perkembangan sistem imun si Kecil, karena mengandung bakteri baik yang dikenal sebagai probiotik, juga zat bergizi sebagai “makanan” bakteri baik tersebut, yang disebut prebiotik. Sederhananya, prebiotik merupakan zat karbohidrat yang tidak dapat dicerna tubuh namun dapat membantu perkembangan bakteri baik di tubuh si Kecil. Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa prebiotik memiliki manfaat positif dalam perkembangan sistem imun si Kecil.

Selain baik untuk sistem imunnya, prebiotik juga dapat meningkatkan penyerapan mineral dalam tubuh si Kecil, seperti kalsium dan magnesium yang bermanfaat untuk pertumbuhan tulangnya.1-2 Ditambah lagi, prebiotik memberi makanan bagi bakteri baik yang berperan dalam pembentukan vitamin penting, misalnya vitamin B untuk proses metabolisme dan vitamin K untuk proses pembekuan darah

 


Tips Memenuhi Kebutuhan Prebiotik Si Kecil

ASI merupakan sumber utama si Kecil untuk mendapat nutrisi penting untuk perkembangan sistem imunnya. Selain mengandung antibodi dan komponen penting untuknya, ASI juga mengandung prebiotik yang penting untuk menjaga sistem imun atau daya tahan tubuh si Kecil.

Itu sebabnya, Mama sebaiknya menyusui si Kecil setidaknya selama 6 bulan pertamanya. Jika Mama tidak dapat menyusui si Kecil, berkonsultasilah pada dokter dan tanyakan informasi terkait susu (formula) yang mengandung nutrisi penting seperti prebiotik. Susu yang mengandung prebiotik dapat membantu si Kecil yang tidak bisa mendapat ASI agar tetap mendapat prebiotik yang berguna untuk perkembangan sistem imun tubuh dalam melawan penyakit.

Lanjutkan menyusui si Kecil hingga ia menginjak usia 2 tahun ya, Ma. Nah, saat ia sudah berusia 6 bulan, Mama bisa mengenalkan si Kecil makanan padat (sesuai anjuran dokter) yang akan membantu pemenuhan nutrisi tubuhnya. Berikan ia makanan yang mengandung prebiotik seperti pisang, tomat, bawang merah dan bawang putih.

Sumber: https://www.nutriclub.co.id/corona-virus/memahami-pentingnya-prebiotik-untuk-daya-tahan-tubuh-si-kecil

 

Ibu Minum Vitacov untuk menambah Prebiotik / Probiotik kepada si Kecil.

Vitacov memang tidak dianjurkan meminum Vitacov karena kandungan madu tidak boleh dikonsumsi oleh Bayi dibawah 2 tahun, tapi si Ibu yang lagi menyusui sangat disarankan mengkonsumsi Vitacov untuk menambah kandungan Probiotik & Prebiotik didalam ASI Ibu. Minum 2x1 sendok takar setiap hari untuk menambah nutrisi didalam ASI, agar meningkatkan imun tubuh sang bayi.